Ads

Wisata Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Wisata Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep
Air terjun Tiu Kelep

Memungkinkan setelah aktivitas mendaki kita tiba di Desa Senaru, memungkinkan untuk tur mengunjungi Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep terletak di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Lokasi air terjun pertama Sendang Gile

Kawasan Gunung Rinjani ini dinamakan Air Terjun Sendang Gile, menurut cerita atau legenda penduduk setempat secara tidak sengaja menemukan air terjun ini kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan. Lokasi wisata yang lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik ini memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter, dari pintu masuk di loket (tiket Rp.2rb) kita harus menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan buah untuk menuju kawasan air terjun. Tapi semua rasa lelah dan kepenatan akan langsung hilang begitu melihat indahnya Air Terjun Sendang Gile ini. Air terjun ini muncul dari atas tebing dan jatuh ke sungai yang ada di bawahnya bagaikan tirai air. Dasarnya relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun.

Terletak di ketinggian ± 600 m di atas permukaan laut

Air terjun ini menawarkan suasana relaks dan damai. Bagi wisatawan yang jenuh dengan hingar-bingar kota, ada baiknya untuk singgah di lokasi wisata ini. Sentuhan alamnya yang tergolong jauh dari nuansa perkotaan, panorama asri dan menawan, serta udaranya yang segar, mampu membawa kita ke dunia yang dapat menghilangkan kepenatan di kepala. Selain itu, ada hal menarik lainnya yang membuat lokasi ini berbeda. Para penduduk setempat mempercayai bahwa air pada lokasi ini memiliki unsur magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya bila mandi di bawah air terjun tersebut.

Ada 2 lokasi wisata air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep

Namun karena jarak tempuh dari Sendang Gile memakan waktu sekitar 1 jam dan kondisi jalan yang kurang baik, para wisatawan biasanya lebih memilih cukup mengunjungi air terjun Sendang Gile saja. Tapi bagi para petualang sejati mungkin akan merasa tertantang untuk dapat menaklukkan medan menuju air terjun Tiu Kelep. Kita akan soft trekking sedikit karena jalurnya berupa hutan dengan jalan setapak, melewati jembatan / saluran air dan menyeberangi sungai kecil yang berbatu cukup licin. Tapi begitu sampai di Tiu Kelep, kita akan lupa rasa lelah dan hanya bisa mengucap syukur akan pesona alam yang luar biasa ini. Tiu Kelep berarti Air Terbang, karena percikan air yang terbawa angin akan menyapu dan menyegarkan wajah kita pada jarak sekitar 50 meter. So Amazing Sendang Gile and Tiu Kelep Waterfall!

Air terjun Sindang Gila
Air terjun Sendang Gile
Air terjun Tiu Kelep
Air terjun Tiu Kelep
Air terjun Tiu Kelep
Air terjun Tiu Kelep

Untuk mengetahui informasi paket mendaki Gunung Rinjani, silahkan menghubungi ke alamat kami dibawah ini sebagai berikut:

Untuk mengetahui informasi paket mendaki Gunung Rinjani mulai mendaki dari Sembalun Lawang, silahkan kunjungi Paket mendaki gunung Rinjani 2 hari 1 malam jalur Sembalun Lawang | Paket mendaki gunung Rinjani 3 hari 2 malam jalur Sembalun Lawang | Paket mendaki gunung Rinjani 4 hari 3 malam jalur Sembalun Lawang | Paket mendaki gunung Rinjani 5 hari 4 malam jalur Sembalun Lawang | Paket mendaki gunung Rinjani 6 hari 5 malam jalur Sembalun Lawang

Untuk mengetahui informasi paket mendaki Gunung Rinjani mulai mendaki dari Senaru, silahkan kunjungi Paket mendaki gunung Rinjani 2 hari 1 malam jalur Senaru | Paket mendaki gunung Rinjani 3 hari 2 malam jalur Senaru | Paket mendaki gunung Rinjani 4 hari 3 malam jalur Senaru | Paket mendaki gunung Rinjani 5 hari 4 malam jalur Senaru | Paket mendaki gunung Rinjani 6 hari 5 malam jalur Senaru

Paket Mendaki Gunung Rinjani

Izin Perusahaan Resmi oleh PT Sasak Lombok Tours & Travel Agent: Kep. 47/BPU/V/92
Trekking organizer sebagai panduan petualangan mendaki ke gunung Rinjani dan sekitarnya.
Alamat: Jalan Cendarawasih No. 8 Cakranegara, Nusa Tenggara Barat

Situs Resmi: http://www.trekkingrinjani.com
Situs Resmi: https://trekking-rinjani.com
Situs Resmi: https://hikingrinjani.com
Wordpress: https://mendakirinjani.wordpress.com
Wordpress: https://trekkingrinjani.wordpress.com
Wordpress: https://hikingrinjani.wordpress.com
Blogger: https://climbingrinjani.blogspot.com
Blogger: https://mendakigunungrinjani.blogspot.com
Blogger: https://bohariadventures.blogspot.com
Blogger: https://trekkingrinjani.blogspot.com
Kontak: Satya Budi
Ponsel & Whatsapp: +62 817-369-010
Email: trekkingrinjani@gmail.com
Photos Gallery Album di Facebook Page: https://www.facebook.com/climbingrinjani/
Paket Mendaki Gunung Rinjani - Google My Maps

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Terimakasi untuk share Daerah kami.
    itu sangat membantu untuk kelangsungan aktivitas pariwisata di desa kami. Desa senaru juga Gunung Rinjani

    BalasHapus